Friday, September 4, 2009

Apa ITU VIRUS ? BAGAIMANA CARA MENCEGAHNYA ?

Apa itu virus ?

Virus adalah sebuah program yang dibuat oleh orang yang tak bertanggung jawab dengan tujuan untuk membuat kacau suatu komputer.

Pada dasarnya virus tidaklah berbahaya, kenapa demikian ? Karena virus hanya menyerang perangkat lunak (software) pada komputer (yang saya maksud adalah OS yang dibuat kacau). Tetapi ada juga beberapa virus yang dapat menyerang bagian hardware komputer kita walaupun tidak secara langsung. Bagaimana bisa virus menyerang hardware ? Ada beberapa virus yang membuat komputer bekerja keras sehingga kerja CPU menjadi berat. Inilah yang menyebabkan virus dapat merusakkan hardware kita. Tidak secara langsung bukan ?

Bagaimana cara mengatasi virus ?

Saya tidak akan menjelaskan caranya dulu. Pertama saya akan menjelaskan bagaimana virus itu bekerja. Virus bekerja apabila kita meng-EKSEKUSI virus tersebut ( ingat ! Virus adalah sebuah program ). Sehingga virus dapat berjalan di komputer kita setelah kita mengeksekusinya. Tapi bagaimana kita tahu bahwa itu adalah sebuah virus ? Sangat mudah, biasanya virus menduplikat data milik kita ( umumnya folder dan dokumen ) dan mengubah ekstensinya menjadi .exe .

Setelah kita tahu bagaimana virus bekerja, saya akan menjelaskan cara pencegahan.

1. Perlihatkan semua ESKTENSION semua file dan folder kita serta memunculkan semua file dan folder yang tersembunyi ( buka control panel - folder option - view - pilih show hidden files and folders dan hilangkan ceklist pada Hide extensions for known file types dan Hide protected operating system file ) dengan begini kita dapat mengetahui semua ekstensi file dan folder kita. Apabila ada file dan folder yang memiliki kejanggalan, kita dapat menghapusnya. contoh : Folder.exe ( hal yang sering kita lihat, tidak mungkin sebuah folder berkekstensi .exe. Ini pastilah sebuah virus, maka segera hapus )

2. Matikan autorun atau autoplay dengan cara start - run - ketik gpedit.msc - pilih user configuration - administrative templates - system - cari turn off autoplay kemudian double klik dan pilih enable. Ini adalah cara agar virus autorun tidak masuk ke dalam komputer serta mengurangi resiko terkena virus.

0 komentar:

Post a Comment